ShareReply

Arti Sebuah Persahabatan

Sahabat adalah orang terdekat dengan kita, kebanyakan dari kita selalu mengangap bahwa orang-orang yang kita kenal adalah seorang sahabat atau kenalan. Orang-orang itu akan terus mengisi hidup kita sehingga terjadinya keterdekatan secara psikis. Keterdekatan itu akan memunculkan sifat kegembiraan, rasa senang, suka, atau bahkan pola pikir tertentu telah manjadi bagian dari perilaku kita sehari-hari saat bersamanya.

Beberapa dari perilaku dan sikap kita sehari-hari pun kita tidak akan pernah melepaskan bayang-bayang dari perilaku teman. Sikap belajar dan mencontoh dari sebuah pengalaman, baik yang timbul dari pengelaman sendiri atau orang lain menjadi bagian penting dalam pembelajaran terhadap pembentukan personality pada tahap selanjutnya.

Terjalinnya persahabatan antara seseorang biasanya disebabkan adanya persamaan prinsip, hobby, atau kebiasaan-kebiasaan yang mirip. Misalnya saja dua orang yang bersahabat karena mempunyai hobi bermain catur. Persahabatan itu dimulai dari ketertarikan diantara salah satunya dengan olahraga tersebut, saling membutuhkan untuk saling memenuhi kebutuhan hobi tersebut. Persahabatan yang terbentuk tidak hanya seabtas dari hobi akan tetapi semakin hari semakin melaus kepada pendekatan interpersonal.

Ketika dihadapakan dengan pertanyaan bagaimana sahabat menurut Anda? Apakah si A sahabat yang baik? Bagaimana dengan si B? Kadang kita sedikit kesulitan ketika ditanya mengenai penilaian seperti pertanyaan diatas, kita mencoba mengingat dan mempertimbangkan segala perilakunya terhadap kita, hingga kita dapat memutuskan si A adalah sahabat yang baik dan B adalah tidak. Sahabat bukanlah berarti orang-orang yang hanya sekedar berada di sekeliling kita, mereka adalah orang-orang yang luar biasa yang memberikan keindahan dalam hidup kita;

Apakah Anda sahabat yang baik?
Seberapa jauh Anda mengenal dirinya? Keluarganya? hobinya? Hal yang disukai dan tidak disukainya?

Seberapa sering Anda mengunjungi sahabat Anda itu?

Apakah teman-teman Anda tidak pernah melupakan Anda? Misalnya selalu mengundang Anda dalam kegiatan yang dilakukan oleh mereka?

Seberapa banyak Anda menerima kartu ucapan dari mereka baik melalui postcard, email, sms, surat dsb?

Apakah ia menelpon Anda ketika ia sedang mengalami kesulitan atau dalam keadaan sedih?

Apa arti sahabat?

1. Sahabat adalah orang yang tidak mempengaruhi cara berpikir kita untuk setuju atau pengakuan terhadap hal-hal prinsipil.

Banyak sahabat yang mencoba mempengaruhi perilaku kita, beberapa argumen atau bahkan kebiasaan yang tidak lazim bagi kita untuk mengikuti cara hidup seperti mereka. Biasanya cara-cara seperti ini muncul pada kelompok. Ketua kelompok mencoba mempengaruhi cara kita berpikir dengan berbagai doktrin tertentu setiap anggota kelompoknya. Sahabat yang baik tidaklah memaksa pendapatnya, mereka lebih menghargai perbedaan yang muncul sebagai bentuk kebebasan dan menghormati prinsip-prinsip Anda.

2. Sahabat tidak pernah mengajak pada tindakan kejahatan ataupun hal-hal merusak lainnya.

Kadang kita dihadapkan pada sebuah dilema ketika sahabat terdekat kita mengajak pada hal-hal yang dapat merusak, seperti pada ajakan utuk mencoba narkoba. Kuno, kampungan menjadi kalimat rayuan yang menantang akibat dari kata-kata mereka. Sahabat yang baik tidak akan merayu, menggoda dan apalagi memaksa untuk mencoba barang haram itu.

3. Ia mempunyai kejutan-kejutan yang tidak pernah Anda duga.

Ada banyak sesuatu yang dapat Anda peroleh ketika Anda mempunyai sahabat yang akrab, misalnya tanpa Anda duga ia mengunjungi Anda dengan membawa oleh-oleh, tetapi teman sejati juga membawa Anda sebuah hadiah yang tak ternilai; sebuah kebersamaan.

4. Ia mengenal Anda!

Seorang sahabat tidak hanya mengenal Anda sebatas nama, tanggal lahir dan kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan, sahabat sejati juga mengenal prinsip, hal yang Anda sukai dan sesuatu yang tidak Anda suka. Ia juga mengenal keluarga dan sahabat dari cerita Anda.

5. Ia selalu menyediakan waktu untuk Anda.

Mendengarkan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, setiap orang selalu lebih menyukai untuk bercerita dibandingkan untuk mendengarkan cerita orang lain. Apalagi untuk mendengarkan keluh kesah orang lain, kadang bagi orang tertentu, suatu masalah kecil menganggap hal seperti itu bukanlah hal yang besar untuk dibicarakan. Sahabat sejati selalu menyediakan waktunya untuk mendengar hal sekecil apapun!

6. Ia dapat menjaga rahasia.

Orang yang menyukai gosip sangat sulit menyimpan rahasia. Ia dapat menceritakan hal apa saja yang ia ketahui dari orang lain sebagai bahan obrolan. Biasanya orang yang menyukai gosip adalah orang-orang yang haus akan perhatian orang lain. Sahabat sejati selalu dapat menjaga rahasi dan privasi orang lain, ia dapat menjaga hal-hal yang memang pantas untuk diceritakan kepada orang lain atau tetap menjaga rahasia Anda.

7. Ia tahu Anda dalam kesulitan.

Kebanyakan orang hanya dapat prihatin dengan kesusahan yang menimpa pada orang lain, berbagai bentuk simpati mungkin dapat saja Anda terima. Sahabat sejati selalu berada disamping Anda ketika Anda sedang dalam kesedihan. Ia berusaha menghibur Anda dan tidak berhenti sampai disitu saja, ia juga berusaha mengurangi kesulitan Anda dengan sesuatu yang dapat dilakukannya.

Menjaga persahabatan tetap utuh
Persahabatan ibaratkan dengan tanaman, semakin Anda sering menyiramnya maka Anda akan memperoleh sebuah kuntum bunga yang indah di suatu saat.

1. Lakukan yang terbaik ketika ia meminta pertolongan kepada Anda, sebuah bantuan yang tulus tidak akan dapat dilupakan oleh seseorang dibandingkan Anda memberikan bantuan berupa uang.

2. Sediakan waktu Anda untuk dia tidak hanya di saat senang saja, sediakan waktu untuk mendorong dan membangkitkan semangat dia ketika dia dalam kesedihan.

3. Berikanlah beberapa kejutan yang tidak terduga kepadanya.

4. Komunikasi yang tetap ada, sapahlah dia dan tanyakan kabar dan keadaannya.

5. Jangan berharap ia melakukan hal yang sama seperti Anda memperlakukannya.

6. Kunjungi ke rumahnya sekedar untuk tatap muka, pertemuan akan membuat Anda terasa lebih akrab dengannya.

7. Lakukan pekerjaan atau menghabiskan waktu secara bersama, semakin banyak waktu yang Anda punya untuk bersama, Anda akan saling mengenalnya lebih dalam.

8. Sisihkan sedikit uang belanja Anda, belikanlah sesuatu yang sangat di impikannya sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah akhir tahun

Sumber : http://pikirdong.org/arti-sebuah-persahabatan/

admin webiste MTs Muhammadiyah Tawangsari

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami